LAYANAN DI INTERNET
1. World
Wide Web (WWW)
World
Wide Web (WWW atau lebih singkat lagi web)
adalah media informasi global di mana pengguna dapat membaca dan menulis
melalui komputer yang terhubung ke internet.
World
Wide Web diperkenalkan tahun 1992 oleh Tim Berners Lee. Web dikembangkan dengan mengaitkan
informasi global melalui hypertext dan
memiliki kemampuan mengaitkan dengan situs FTP serta jenis server lainnya. Orng menggunkana web untuk komunikasi, mengakses
informasi, bisnis, dan untuk tujuan rekreasi.
Dengan
perkembangan program browser yang
makin canggih, hypertext dituliskan
dalam jenis HTML (HyperText Markup
Language). Penggunaan World Wide Web sangat
mudah. Program browser yang paling
populer digunakan, antara lain Microsoft Internet
Explorer, Netscap Navigator, opera, dan Mozilla Firefox.
2. Mesin
Pencari (Search Engine)
Salah satu sumber informasi yang paling
besar di dunia adalah Internet. Melalui Internet, kita dapat mengetahui
berbagai macam informasi. Pengembang web yang
berisi berbagai macam informasi, misalnya lamat situs, dokumen, dan lain
sebagainya.
Web
dikenal dengan nama mesin pencari (search
engine). Mesin pencari adalah sebuah program yang mencari dokumen dengan
kata kunci tertentu dan memberikan hasil berupa sekumpulan dokumen (alamat
situs, teks, gambar, atau video)ndi mana kata kunci ditemukan.
Beberapa
mesin pencari yang terkenal, antara lain Google
(www.google.com),
Yahoo! (www.yahoo.com),
Altavista (www.altavista.com),
dan MSN (www.msn.com)
Beberapa keuntungan menggunakan mesin
pencari adalah:
Mempermudah
pengguna dalam mencari produk yang ada di situs perusahaan;
Membantu
mencari artikel, gambar, atau jurnal penelitian;
Mencari
alamat website suatu software atau web untuk di-download.
3. Surat
Elektronik (Electronic Mail)
Surat elektronik atau e-mail menjadi sarana komunikasi paling
populer di kalangan pengguna internet. E-mail
adalah layanan yang tidak lebih dari sebuah pesan teks yang diketikkan
lewat keyboard.
E-mail
memiliki beberapa kelebihan berikut dibandingkan dengan surat pos biasa .
Pengiriman
yang cepat.
Biaya
murah.
Mendukung
isi multimedia. Isi multimedia dapat membuat tampilan e-mail jauh lebih menarik daripada e-mail teks biasa.
Kenyamanan
karena tidak terbatas ruang dan waktu.
Relatif lebih aman. Untuk membuka e-mail dalam kotak pos (maibox), penerima harus memasukkan kata
sandi terlebih dahulu. Hal itu akan mengurangi resiko orang yang tidak
berkepentingan membuka e-mail.
Banyak
situs Internet yang menyediakaan layanan e-mail
gratis, antara lain Yahoo! Mail, Gmail,
Hotmail, dan Eudoramail.
4. Chatting
Chatting
dalah pembicaraan dalam suatu kelompok tertentudengan seseorang yang telah
tercatat dalam server IRC (Internet Relay Chat). IRC adalah suatu
bentuk komunikasi langsung melalui Internet.
Chatting
dibagi
menjadi 2 macam, yaitu berupa teks dan suara. Contoh chatting berbasiskan teks adalah mIRC, yahoo! Messenger, dan ICQ. Adapun chatting berupa suara dapat disebut VoIP (Voice over Internet Protokol). Cara kerja VoIP adalah mengubah
suara yang berupa sinyal audio analog menjadi data digital sehingga dapat
dikirimkan melalui jaringan Internet.
Keuntungan
VoIP aadalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan panggilan jarak jauh
menjadi murah. Beberapa software gratis
yang dapat digunakan untuk melakukan VoIP adalah Skype, Yahoo! Messenger with
Voice, dan Google Talk.
5.
Mailing
List
(Milis)
Mailing
List (milis) adalah group diskusi di Internet di mana
setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Milis adalah
sebuah daftar alamat-alamat e-mail yang
mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.
Berdasarkan topik diskusi, milis ada
bermacam-macam. Ada milis umum, milis yang membahas bidang ilmu tertentu
(misalnya IT), milis yang mmembahas masalah agama, dan lain sebagainya.
Penyedia layanan milis yang dikenal luas, antara lain www.yahoogroups.com dan www.googlegroups.com.
Cara untuk bergabung dengan sebuah
milis.
Ø Kirimkan
sebuah e-mail kosong dengan tujuan
nama milis. Penulisan tujuan e-mail adalah
nama milis-subscribe@yahoogroups.com.
Ø Setelah
mendapatkan e-mail konfirmasi, reply e-mail dan langsung kirim tanpa
mengubah apa-apa.
Setelah bergabung dengan milis, kita
harus sering-sering mengecek e-mail
karena hampir setiap hari kita akan mendapatkan e-mail lebih dari satu. Langkah-langkah untuk keluar dari
keanggotaan suatu milis.
Ø Setelah
mendapatkan e-mail konfirmasi, reply e-mail dan langsung kirim tanpa
mengubah apa-apa.
6. Perdagangan Elektronik (E-commerce)
Perdagangan
elektronik adalah kegiatan transaksi perdagangan secara online melalui media Internet. Perdagangan elektronik dapat
melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Perdagangan
elektronik merupakan bagian dari e-business,
di mana cakupan e-business lebih
luas, tidak hanya sekadar peniagaan, tetapi mencangkup juga pengolaborasian
mitra bisnis.
Keuntungan
yang diperoleh konsumen melalui
transaksi perdagangan elektronik, antara lain dapat memperoleh informasi
tentang produk-produk yang ditawarkan dengan cepat, dapat menghemat waktu dalam
memilih produk yang diinginkan, dan
sesuai dengan kemampuan karena biasanya produk yang ditawarkan disertai pula
secara lengkap merek dan harganya.
Perdagangan
elrktronik masih menimbulkan beberapa masalah, antara lain sebagai berikut.
Penipuan
dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
Hukum
yang kurang berkembang dalam bidang perdagangan elektronik ini.
Perusahaan
di Internet tidak memiliki alamat secara fisik di suatu negara tertentu.
Konsumen
sulit memperoleh jaminan untuk mendapatkan servis lokal atau perbaikan.
Produk
yang dibeli konsumen kemungkinan tidak sesuai dengan persyaratan lokal.
Perusahaan yang terkenal dalam
bidang perdagangan elektronik, antara lain
eBay, Yahoo!, Amazon, Google, dan Paypal.
Adapun contoh situs perdagangan elektronik di Indonesia, antara lain www.glodokshop.com,
www.indogrosiran.com,
dan www.bukabuku.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar